Senin, 02 Februari 2015

Pengalaman Menyusui Raka (pernah mastitis dan abses)

Banyak yg mw diceritain, tapi gak ada semangat buat nulis. Sibuk ngurusin Raka, sama sibuk di kantor, menyita waktu. Detik demi detik berlalu, tiba2 Raka udah mw Mpasi aja. Udah mau 6 bulan umurnya YEAY!!!

Hore!! Hore!! ^^v

Pengen banget cerita tentang pengalaman gw menyusui Raka, gimana suka dukanya menyusui, mulai dari ngerasain puting lecet selama 40 hari, disambung mastitis berulang yg berakhir pada abses yg salah penanganan. Penasaran??

Sejak hamil gw udah mikir bwt menyusui Raka secara ekslusif. Bukan karna ikut2an tren, tapi karna nyokap gw menyusui empat anaknya selama min 1.5 th maks 3.5 tahun. Dan terpatrilah di benak gw bahwa gw juga harus menyusui.

Ngeliat mama netekin anak2nya keliatannya gampang gitu. Ah gampanglah pasti bisa, gw mikirnya begitu.

Tanpa pernah belajar, tanpa ke konsuler, dg keyakinan setinggi langit, pas raka lahir langsung gw ajarin nenen. Dihari kedua umur raka, puting gw udah lecet. Lecet dikit. Perih dikit.

Hari berganti hari, asi gw banyak, toket kembung smw, raka minumnya belum terlalu banyak, puting masih lecet, makin perih, kena aer pas mandi aja sakit toket gw. Di minggu kedua, gw demam, kena mastitis. Minum antibiotik merk claneksi ama dumin, panas gw turun, gw sante lagi, ga mikir kalo toket penuh harus dipompa, gw mikirnya mw mulai mompa nunggu balik ke Palu aja, biar ga repot bawa asinya. Yang mana adalah salah bgt.

Minggu ke empat gw Demam lagi, kali ini toket kiri gw memerah dan ada bagian kerasnya, dibawa ke bidan, dikasih obat doang, obatnya ga ngefek, karna obat dari bu bidan lebih cupu dari obat pertama gw yg dari dokter, abis minum claneksi, dikasih amoxicilin biasa, ya ga ngefek. Minum claneksi lagi, sehat lagi. sante lagi. Gw sempet ketemu konselor laktasi nih pas gini, namanya mbak sisil, diajarin cara mijet toket, dibilangin kalo gw mastitis, tapi ga di awasi ngeluarin nanah di toket sampe abis. Ya bener, toket gw udah ada nanahnya tapi ga banyak, pas mandi gw pijet nanahnya keluar, gw pikir ah sudahlah, sembuh sembuh..

Trus..

Minggu ke enam, di umur raka 40 hari, tiba2 toket kiri gw berubah bentuk, kayak gunung yg ada dua puncak, ngeri gak tuh? NGERI BANGET. Raka mogok nenen dari toket kiri. Boro2 mw nenen, nutup mulutnya di toket gw aja dia ga mau. Gw stress, jiwa raga. Ngurus anak sendirian seharian ga ada laki ga ada yg sayang2, berujung stress yg memperparah mastitis gw.

Gw ke Dokter Laktasi di RS Hermina Tangkuban Perahu Malang. Namanya dr. Merelda. Dikasih obat beragam jenis. Beliau bilang gw kena mastitis tapi belom parah, masih bisa diatasi dengan obat katanya. Dan Asi nya harus selalu dikeluarkan bagaimanapun caranya. Tapi Beliau emg udah liat ada titik nanahnya.

Which is mean, Toket gw ada kemungkinan pecah. Tapi dia ga bilang kalo toket gw bisa pecah. Yg bilang toket gw bisa pecah adalah bidan di klinik yg nge breast care toket gw.

Breast care yg gw maksud adalah pemijatan dan pengeluaran asi dari toket yg bila dilaksanakan saat toket lagi bengkak dan berbentuk gunung dg dua puncak adalah sakit bgt..

SAKIT BANGET!!!

Dan Breast care itu ternyata ga disarankan oleh dr. Merelda kalo pas lagi radang karna bisa memperparah radang. OK. Fine.

Minum obat, raka tetep ga mw nenen jadi toket gw gw isep pake spuit yg dibalik. Dalam dua hari, beneran, toket gw pecah.

Keluar nanah banyak bgt, banyak bgt mungkin ada segelas, gw ngurusin tu nanah dari pecah jam 5 pagi sampe jam 5 sore masih belom kelar.

Sebenernya gw udah googling dan menemukan jawaban bahwa abses pd harus dibedah. Tapi saat gw bilang ke dr. Merelda beliau bilang gw harus sabar, terusin aja minum obatnya sama di coba keluarin susunya terus. 

Abis pecah, asi gw di toket kiri otomatis netes2, ternyata asi gw tersumbat terhimpit sama nanah yg numpuk di toket. Toket gw bolong, tapi bentuknya udah normal, puncaknya cm atu, tapi bolong. Puncak yg satu itu pecah dan abis, jadinya rata, tapi bolong. Kayak Gunung Toba yg meletus menyisakan Danau Toba.

Toket tsb ga bisa disusuin karna ada darahnya, ada lukanya, jadi Raka anakku yg manis yg baik yg pintar mulai sejak usia 40 hari nenen cuma dari satu toket yaitu toket kanan gw.

Emang sih awalnya toket gw yg lebih ber asi adalah toket kiri, jadi ukuran toket gedean yg kiri. Tapi walaupun begitu Alhamdulillah asi di toket kanan mencukupi untuk diminum raka. Iya karna gw yakin cukup makanya cukup.

Dan gw selalu berdoa kepada Alloh SWT untuk mencukupkan, kalo bisa melebihkan asi untuk Raka.

Dengan keadaan toket di perban gw balik ke Palu. Di Palu gw ngurusin raka dibantu sama sepupunya mama dari Lintang. Namanya Cik Er. Alhamdulillah beban gw berkurang, lebih sering ketemu Rika dan keadaan berangsur2 membaik.

Luka di toket sembuh setelah sebulan an. Luka di hati masih ada sampe skr.

Sampe di Palu gw kontrol ke dr bedah. Disuruh ama dr Merelda. Gw pas lupa nama dr nya. Beliau menyesali kenapa abses nya kaga dibedah. Gw bengong.

Kata beliau, ada peraturan di dunia kedokteran bahwa yg namanya nanah didalam tubuh itu dimanapun letaknya harus dikeluarkan. Ada istilah medisnya juga. 

Jadi kata beliau ga mungkin nanah di toket yg ada asinya bisa habis jika tidak dikeluarkan, tidak mungkin nanah bisa diserap lagi oleh tubuh bila letaknya di toket yg penuh asi. Dia bilang begitu karna, gw bilang bahwa, dr Merelda bilang, nanah bisa diserap lagi oleh tubuh, teeeettt mengulang kata bilang dan dr Merelda ngasih obat supaya bakterinya kalah trus nanahnya diserap lagi.

Bayi aja bisa gemuk bu karna asi apalagi bakteri.

JEJEEENNGGGG...

Ya sudahlah..

FYI biaya pengobatan abses ini ga ditanggung asuransi Jasindo karna lagi pas menyusui. Kalo dibedah katanya abisnya 18jt an kalo di Jakarta.

Di dr bedah dikasih antiseptik aja bwt disemprotin setiap ngebuka perban. Judulnya Octedine.

Alhamdulillah ya Alloh, menyusui Raka masih lancar sampe saat ini walo asip nya raka kejar tayang. Tapi walo kejar tayang, di frizer ada sekitar 20an botol asip bwt stok kalo asi fresh gw pas ga cukup bwt minum nya raka pas gw lagi di kantor.

Kata2 yg berputar2 dan berulang2. Maafkan.


Setelah luka di toket sembuh, toket kiri mengalami penurunan ukuran karna selama luka cm gw perah dua kali sehari. Sibuk bro. Juga mengalami penurunan dalam produksi asi. sehari kalo dipompa cm dapet 100cc an.

Alhamdulillah asi gw cukup walo cm dari satu pd, beratnya raka cukup, walo ga gendut2 amat tapi dia tembem. Kakinya kayak tales bogor super.

Badai pasti berlalu, ahsek..

Dan Raka udah akan Mpasi minggu depan, yeah yeah yeah,, bahagia bgt bisa sampe pada masa ini, kelar asi eksklusif, inshaalloh bakal lebih ringan perjuangan. Tapi belom selesai, gw target raka harus dua tahun ngasinya. Inshaalloh.

Doakan.

Nb: Kalo ada yg ga percaya kalo toket gw pecah, beneran toket gw pecah ada kok fotonya tapi ga bisa gw upload karna DP bgt. Serem dan bisa juga dianggap porno. Lagian Mana mau gw majang foto toket gw, pecah lagi. Kalo toket yg ga pecah si pede hahaha. pret. apaan lah. 

Nb2: cara mengatasi mastitis dan abses ala Gw

with love,, Meeya Sabrina

8 komentar:

Riya Adril mengatakan...

biiin..ngilu nian aku baco pas bagian pecah itu. hahaha.

semangat semangat!! kato uwong, justru ASIX tu perjuangan paling mudah dalam membesarkan anak. Serem ye??? :D

elti mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

aiih abin.. dak tebayang... aku jugo sering sakit tapi dipompa terus ilang, kalo sampe bengkak cakitu alangke sakitnyo bin,,,
tapi selamat abin, perjuangan yang hebaaat buat raka. :D

Meeya Sabrina mengatakan...

ihihihi elti cup cup muah muah..

Elvina - Eboy mengatakan...

mbak boleh minta contact person? saya mengalami hal yg sama dgn mba... mohon bantuan ada yg ingin saya tanyakan. terimakasih

Meeya Sabrina mengatakan...

Mbak sy sudah balas di ig. Kalo masih ada yg mw mbak tanya silahkan line aja ya ☺

Meeya Sabrina mengatakan...

Mbak sy sudah balas di ig. Kalo masih ada yg mw mbak tanya silahkan line aja ya ☺

valientine's blog mengatakan...

Mbak saya pgn sharing bisa kah? Asi sy juga macet setelah sy rawat inap kena DBD 5 hari di RS